Minggu, 01 Februari 2009

JENIS - JENIS PURING

Diperkirakan ada ratusan hingga ribuan jenis puring di dunia ini. Namun, pemberian nama untuk jenis-jenis puring ini tidak ada aturan yang baku, berbeda-beda antara satu daerah dengan daerah lainnya. Pada umumnya, masyarakat memberikan nama berdasarkan bentuk dan penampilan puring.


Secara umum, jenis puring dapat dibedakan berdasarkan komposisi warna daunnya.
Warna tunggal (monocolor): hijau, kuning, hitam, atau merah. Misal, puring jengkol yang dominan hitam.
Warna ganda (bicolor), yakni kombinasi dua warna, seperti hijau-kuning, merah-kuning, hitam-kuning, hitam-merah, dan sebagainya. Misalnya puring tissue, puring air mancur, puring timun, puring telur, puring tanduk, puring badak, puring kobra, dan puring koi yang warna daunnya hanya terdiri dari warna hijau-kuning atau merah-kuning.
Warna majemuk (multicolor), puring jenis ini sangat banyak jumlahnya. Satu daun terdiri atas berbagai warna sehingga tampak colorfull. Contoh puring seperti ini adalah puring sakura, puring kirana, puring concorde, puring kura, puring walet dll.
Berdasarkan bentuk daunnya, puring dapat dibedakan dalam 2 golongan, yakni ;
Golongan pertama yaitu golongan berdaun lebar, sepert puring raja dan puring oscar.
Golongan kedua adalah golongan puring berdaun sempit, seperti puring air mancur dan puring Thailand.
Kadang-kadang, puring mengalami mutasi pada bagian batangnya. Sel-sel di ujung batang pecah sehingga bentuk batang berubah menjadi pipih pada bagian ujungnya. Keadaan mutasi seperti ini disebut kistata

1 komentar:

  1. ass...minta no telfnya boleh mbak Emma? saya sudah lihat2 puring cantiknya:)

    BalasHapus