Minggu, 01 Februari 2009

PESONA PURING

Puring merupakan salah satu tamanan daun yang cukup populer di kalangan penggemar tanaman hias. Daya tarik puring diantaranya terletak pada corak, warna, dan bentuk daunnya yang sangat bervariasi. Tanaman yang menyukai sinar matahari ini akan menampilkan daun yang lebih cemerlang apabila diletakkan di tempat terbuka yang mendapat sinar matahari penuh.
Beragam variasi daun yang dimiliki puring merupakan salah satu keunggulan tanaman ini. Hal itu memungkinkan dibuatnya silangan-silangan baru. Penangkaran di Thailand dan Australia banyak membuat silangan-silangan baru yang diburu oleh para hobiis di Indonesia. Para penangkar Indonesia pun tidak kalah semangatnya untuk menghasilkan silangan baru yang disukai.

Kebanyakan puring hibrida yang banyak diburu adalah yang memiliki warna daun lain dari biasanya, misalnya kehitaman. Ada juga yang menyukai bentuk daun dengan corak yang menyimpang dari spesiesnya.
Jadilah, puring yang dulu hanya populer sebagai tanaman pagar atau tanaman kuburan, saat ini semarak menghiasi setiap sisi taman. Tidak lagi hanya di pinggir jalan, sekarang keindahan daun puring yang eksotik dapat dinikmati di taman-taman di perumahan elit, apartemen, hotel dan perkantoran.







Daya pesona puring memang terletak pada daunnya yang variatif. Secara keseluruhan bentuk tanaman ini sederhana sehingga memudahkan penataannya. Perpaduan puring yang menawan dengan pot yang cantik akan menghidupkan suasana di lingkungan kita.
Selain keindahan daunnya, secara tradisional puring dimanfaatkan sebagai obat. Daun puring mengandung saponin, flavanoida, dan polivenol. Konon, air rebusan daun puring bisa memperlancar keluarnya keringat, juga membantu menurunkan panas badan karena demam. Kulit batangnya mampu mengurangai sakit perut akibat diare. Namun, masih diperlukan penelitian lebih lanjut mengenai kandungan alkanoid pada puring, yang berfungsi sebagai obat.
Daya tarik lainnya, hampir seluruh jenis puring mudah dirawat dan tidak rewel, sangat tepat dijadikan pilihan bagi para pemula yang ingin merawat tanaman hias. Syarat tumbuh dan tehnik budi dayanya tidak terlalu rumit. Bahkan, apabila terlambat memupuk atau menyiram, tanaman ini tetap dapat tumbuh. Pertumbuhan tanaman puring, baik vegetatif (pertumbuhan tunas, daun, batang dan akar) maupun pertumbuhan generatif (pertumbuhan bunga, buah dan biji), bukan hanya ditentukan oleh faktor genetik, melainkan juga oleh faktor iklim dan pemeliharaan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar